Lapas Probolinggo Gelar Penyuluhan HIV/AIDS, TBC dan PHBS


PROBOLINGGO - Puluhan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim ikuti penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), HIV/AIDS, dan HIV pada Sabtu (11/3). Kegiatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Jati ini berlangsung di Pojok Sakera Lapas Probolinggo.

Petugas Puskesmas Jati, selaku narasumber memberikan penyuluhan tatacara Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta informasi terkait penyakit menular dan tidak menular.

Beberapa poin khusus yang disampaikan adalah tentang penyakit HIV/AIDS serta Tuberculosis (TBC), mulai dari tanda-tanda terinfeksi, cara penularannya hingga cara pencegahannya disampaikan dengan detail dan dilakukan sesi tanya jawab untuk memberikan pemahaman yang utuh kepada warga binaan tentang bahaya penyakit menular tersebut.

 “Jika ada indikasi tersebut pada diri kalian, silahkan langsung datang ke klinik lapas, dengan penanganan yang lebih dini akan memperbesar peluang kesembuhan dan mencegah penularan ke warga binaan lain”, kata petugas Puskesmas Jati.

Penyuluhan kesehatan di Lapas Probolinggo tidak hanya sebagai pembinaan kesehatan kepada WBP namun juga untuk mendeteksi lebih dini adanya penyakit menular yang berpotensi menyebar dikarenakan padatnya kamar hunian. Warga binaan yang terinfeksi penyakit menular selanjutnya akan di pindahkan kedalam kamar khusus perawatan yang terpisah dari warga binaan lain untuk meminimalisir penularan.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas 



Post a Comment for "Lapas Probolinggo Gelar Penyuluhan HIV/AIDS, TBC dan PHBS"