WBP dan Petugas Lapas Probolinggo Ikuti Kajian Tauhid dari KH. Mukhlason Rosyid

 


PROBOLINGGO - Petugas serta Warga Binaan Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Kajian Tauhid dengan mendatangkan narasumber yaitu KH. Mukhlason Rosyid. Kajian Tauhid dengan tema "Bangunlah Jiwamu Demi Masa Depan" ini berlangsung di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo pukul 19.20 WIB, Kamis (31/8).

Kegiatan dibuka dengan penampilan hadrah dari warga binaan pesantren Lapas Probolinggo dan dipandu oleh MC yang merupakan warga binaan Lapas Probolinggo.

Dalam tausyiahnya, KH. Mukhlason menyebutkan bahwa ilmu tauhid ada 4, yang pertama Laa Ilaha Illa Allah, penisbian atas selain Allah SWT sehingga diri benar-benar haq al-yaqin. Dalam artian bisa benar-benar meyakini bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT, yang kedua Laa ilaha illa huwa, orang yang sudah sampai pada penghayatan kalimat ini, penggambaran tentang Allah SWT berbeda dengan yang sebelumnya. Posisi Allah SWT menjadi kabur, tetapi Allah menjadi sesuatu zat yang pasti “ada’. Dalam level perwujudnya hanya Allah SWT yang tahu segalanya, yang ketiga Laa ilaha illa anta, semua yang ada di alam semesta ini adalah Allah SWT. Bagi mereka, Allah SWT benar-benar hadir dan kehadiran Allah benar-benar nyata dirasakan oleh kesejatian ruhnya, dan yang terakhir Laa ilaha illa Ana, aku dalam Allah, dan Allah dalam aku.

Usai memberikan tausyiah, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab. Tak disangka, warga binaan sangat antusias menanyakan beberapa pertanyaan kepada KH. Mukhlason. Kegiatan ini berjalan dengan aman dan tertib dan diakhiri pukul 22.30 WIB.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas




 

Post a Comment for "WBP dan Petugas Lapas Probolinggo Ikuti Kajian Tauhid dari KH. Mukhlason Rosyid"