Putus Mata Rantai Penyebaran TBC, Lapas Probolinggo Adakan Skrining TBC Warga Binaan dengan Chest X-Ray

 


PROBOLINGGO - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan kegiatan Skrining Active Case Finding (ACF) TBC dengan Chest X-Ray (CXR) selama tiga hari berturut-turut yang dimulai pada tanggal 29 Agustus 2023 sampai pada tanggal 31 Agustus 2023. Skrining TBC untuk warga binaan ini berlangsung di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas / Rutan.

Kepala Lapas Probolinggo, Risman Somantri, melalui Kasubsi Perawatan Lapas Probolinggo, Reky Arif Rahman mengatakan apabila ada Warga Binaan dengan hasil rongent yang mengindikasikan adanya infeksi TBC. Maka akan dilakukan pemeriksaan dahak dengan Tes Cepat Molekuler (TCM) dan pengobatan lebih lanjut.

Dari hasil skrining didapatkan sebanyak 590 warga binaan Lapas Probolinggo telah diskrining dengan jumlah ada gejala TB + TCM sebanyak 138 warga binaan, jumlah ada gejala TB + RO positif + TCM sebanyak 18 warga binaan, dan warga binaan dengan RO positif + TCM sebanyak 33 warga binaan.

"Langkah cepat dan tanggap akan kami lakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran penyakit TBC ini. Apabila Warga Binaan ada yang terindikasi maka akan segera ditangani oleh Petugas Medis dengan penanganan yang tepat", tegas Reky.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas





 

Post a Comment for "Putus Mata Rantai Penyebaran TBC, Lapas Probolinggo Adakan Skrining TBC Warga Binaan dengan Chest X-Ray"