Deteksi Dini Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Probolinggo Gelar Screening Dan Pemeriksaan Warga Binaan

 


PROBOLINGGO - Dalam rangka deteksi dini penyebaran Virus Tuberkulosis (TB) dan HIV/AIDS, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Screening TB dan pemeriksaan HIV/AIDS kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (11/3). Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Jati Kota Probolinggo.

Bertempat di Pojok Sakera Lapas Probolinggo, sebanyak 50 (lima puluh) warga binaan diikutsertakan dalam pemeriksaan ini. Screening TB yang dilakukan antara lain registrasi awal dimana Warga Binaan ditanya mengenai indikasi penyerbaran virus dan gejala TB lalu dilanjutkan pemeriksaan sampel dahak. Sedang dalam pemeriksaan HIV/AIDS dilaksanakan pemeriksaan sampel darah dan konseling HIV.

Lapas Probolinggo melalui Kasubsi Perawatan, Reky ARif Rahman, engucapkan terimakasih kepada pihak terkait dengan pelaksanaan Screening TB dan Pemeriksaan HIV/AIDS di Lapas Probolinggo.

“Terima kasih atas bantuannya kepada Puskesmas Jati Kota Probolinggo atas terlaksananya kegiatan screening, pemeriksaan TB dan VCT HIV/AIDS di Lapas Probolinggo hari ini. Dengan adanya kegiatan ini kita jadi mengetahui lebih dini jika ada kasus TB dan HIV/AIDS di Lapas Probolinggosehingga akan lebih cepat tertangani jika ada WBP dengan kasus TB dan HIV/AIDS tersebut. Bersama-sama mari kita menjaga bahaya TB dan HIV/AIDS", ujar Reky.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas




 

Post a Comment for "Deteksi Dini Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Probolinggo Gelar Screening Dan Pemeriksaan Warga Binaan"