Buktikan Bebas dari Narkoba, Petugas Lapas Probolinggo Jalani Tes Urine

 


PROBOLINGGO -  Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan tes urine yang dilaksanakan di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo pada hari Jum'at, (24/2).

Kepala Lapas Probolinggo, Risman Somantri, mengatakan hal itu dilakukan untuk deteksi dini jika ada penyalahgunaan narkoba khusus di satuan Lapas Probolinggo.

"Hal ini kami lakukan karena tren kasus narkoba meningkat cukup tinggi di beberapa daerah termasuk di Kabupaten wilayah kerja kami di Probolinggo," ungkap Risman.

Risman menegaskan bahwa dirinya tidak ingin petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sebagai garda terdepan dalam fungsi pembinaan pemasyarakatan terlibat dalam penyebaran narkotika dan obat - obatan terlarang.

"Apabila ditemukan petugas Lapas Probolinggo positif mengkonsumsi narkoba, maka akan kami lakukan pembinaan termasuk penindakan secara tegas baik dalam tugas maupun jabatan," tegas Risman.

Risman mengungkapkan, tes urine itu juga merupakan bentuk komitmen dari Lembaga Pemasyarakatan dalam menjaga marwah institusi Lapas dan sekaligus upaya peningkatan integritas dan dedikasi petugas dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika.

"Hari ini saya kawal dan badani langsung proses kegiatannya, dan Alhamdulillah hasil test urine kepada 62 orang petugas dan semuanya dinyatakan negatif menggunakan narkotika, artinya salah satu upaya preventif ini mempertegas bahwa integritas dan komitmen baik institusi dan petugas dalam pemberantasan narkoba sudah berjalan dengan baik," kata Risman.

Selain itu, kata Risman, penerapan tiga kunci pemasyarakatan maju yaitu deteksi dini, cegah peredaran narkoba, dan sinergitas dengan Aparat Penegak hukum (APH) dan back to basic di Lapas Probolinggo sudah cukup teruji dengan hasil yang maksimal.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas




 

Post a Comment for "Buktikan Bebas dari Narkoba, Petugas Lapas Probolinggo Jalani Tes Urine"