Kontrol Keliling Rupam Lapas Probolinggo, Hal Wajib untuk Antisipasi Gangguan Keamanan

 


PROBOLINGGO - Kamis (12/1), seperti biasanya regu pengamanan (Rupam) pada Lapas Probolinggo melakukan kontrol keliling (Troling) ke seluruh area Lapas. Kegiatan dilakukan mulai dari memasuki blok-blok kamar hunian dan menyapa warga binaan pemasyarakatan (WBP) secara humanis. Setelah itu, Rupam memeriksa ke sekeliling tembok luar dan sudut sudut di dalam Lapas

Bukan hanya itu, setiap rupam yang melakukan troling  juga wajib menanyakan apakah ada WBP yang sedang dalam keadaan sakit, sehingga dapat diantisipasi dengan cepat apabila ada WBP yang membutuhkan tindakan medis secepatnya. Merekapun menjawab bahwa saat ini mereka dalam keadaan sehat walafiat.

Setiap rupam memberikan arahan kepada WBP yang sedang berkumpul. Untuk tetap menjaga kebersihan dan mengikuti aturan yang berlaku di Lapas Probolinggo.

"Kita menciptakan situasi aman dan kondusif secara humanis. Kita lakukan Troling setiap jam. Karena sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur), 'Tiada jaga tanpa troling'," jelas Pamuji, selaku Kasi Kamtib Lapas Probolinggo.

Sementara itu, di lokasi yang berbeda, Kepala Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) Yosef Margono menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut bukan hanya untuk mencegah WBP melarikan diri. Tetapi juga untuk memastikan sarana prasarana lapas dalam keadaan baik.

"Misalnya ketika dilakukan troling ditemukan pagar tralis atau kawat yang sudah jebol. Itu langsung kita koordinasikan dengan Bagian Umum atau TU untuk segera diperbaiki," ucapnya.

#jatimpastihebat
#semangatbestari
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@diary_kemenkumham
@kemenpanrb
@rbkunwas

 

Post a Comment for "Kontrol Keliling Rupam Lapas Probolinggo, Hal Wajib untuk Antisipasi Gangguan Keamanan"