Pastikan Bersih dari Narkoba, WBP Lapas Probolinggo Lakukan Tes Urine sebagai Salah Satu Syarat PB / CB

PROBOLINGGO - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo melaksanakan tes urine bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang akan menjalani program Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB), Sabtu (4/6).

Tes urine ini dilaksanakan di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo dengan pengawasan dari Kasubsi Perawatan Lapas Probolinggo, Reky dan anggotanya, Staf Registrasi Lapas Probolinggo, Budi dan Wahyu, serta 2 (dua) CPNS Lapas Probolinggo yang merupakan staf KPLP. Kegiatan ini merupakan salah satu syarat administratif dan substantif yang wajib dipenuhi, tentunya yang paling disoroti adalah bagaimana perilaku dari warga binaan yang bersangkutan selama menjalani masa pidana di dalam Lapas salah satunya tidak menggunakan narkoba.

Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 sebagai pengganti Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020.

Jumlah warga binaan yang melakukan tes urine adalah sebanyak 25 (dua puluh lima) warga binaan. Sebanyak 23 (dua puluh tiga) warga binaan mengajukan PB dan 2 (dua) lainnya mengajukan CB.

Reky, selaku Kasubsi Perawatan Lapas Probolinggo menjelaskan bahwa kegiatan tes urine ini diikuti oleh 25 (dua puluh lima) warga binaan yang akan mengikuti program Pembebasan Bersyarat (PB).

“Tes urin tersebut pihak kami lakukan untuk mengetahui WBP tersebut memang benr berkelakuan baik, yang salah satunya tidak mengkonsumsi narkoba. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan pencegahan dan deteksi dini terhadap peredaran narkoba,” tegas Reky.

#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@kemenpanrb


Foto Lainnya :







 

Post a Comment for "Pastikan Bersih dari Narkoba, WBP Lapas Probolinggo Lakukan Tes Urine sebagai Salah Satu Syarat PB / CB"