Semakin PASTI, Lapas Probolinggo Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 secara Virtual

PROBOLINGGO - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo mengikuti Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun secara virtual. Kegiatan ini memiliki tema "Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju". Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo ini diikuti oleh seluruh jajaran petugas dan CPNS Lapas Probolinggo.

Mengutip amanat Menkumham RI, Yasonna H. Laoly, Ka.KPLP Lasdaun, Sastra Irawan mengatakan,di ulang tahun Pemasyarakatan ke-58, Menkumham berharap agar jajaran memegang komitmen kuat secara bersama. Dengan memberikan kontribusi positif kepada bangsa melalui Hukum dan HAM.

Pemasyarakatan telah mengalami perubahan positif yang sangat signifikant, hingga menaikkan angka kepercayaan masyarakat. Bahkan, dalam perjalanan dari pandemi menuju endemi, Pemasyarakatan yang merupakan agen pembangunan, memiliki program selaras dengan perkembangan jaman.

"Contohnya, sistem peradilan perdana terpadu, diharapkan menjadi titik akhir pelaku. Sehingga Pemasyarakatan harus membina anak didik mendidik menjadi terampil profesional dan siap kerja. Menjadi tenaga terampil setelah selesai masa pidananya. Dari perilaku kriminal menjadi pelaku produktif," kata Sastra.

Melalui pembinaan,maka narapidana akan menjadi dayaguna karena memiliki skill yang dapat digunakan untuk membuka lapangan pekerjaan. Produk-produk buatan narapidana juga menjadi produk unggulan yang dapat bersaing di pasar dalam dan luar negeri.

"Batik, Meubeler dan lain sebagainya. Ini memaksa kita membuat program kemandirian agar bisa berjalan dengan baik. Diharapkan keterampilan mereka (warga binaan) tetap aktif meskipun sedang dalam masa pidana," ungkapnya.

#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@kemenpanrb








 

Post a Comment for "Semakin PASTI, Lapas Probolinggo Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 secara Virtual"