Jelang Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Lapas Probolinggo Gelar Donor Darah

PROBOLINGGO - Kamis (24/3), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Probolinggo menggelar donor darah dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo pukul 08.30 WIB.

Risman Somantri, selaku Kepala Lapas Probolinggo mengajak seluruh jajarannya untuk berperan aktif dalam membantu mencukupi kebutuhan darah melalui donor darah. Bukan hanya dalam event tertentu, namun jika bisa secara rutin setiap dua bulan sekali. “Donor darah banyak manfaatnya, baik bagi diri pribadi maupun bagi orang lain yang menerima donasi darah kita. Berbuat kebaikan bisa dilakukan dalam wujud apapun,” ujar Risman.

Sebelum donor darah, seluruh petugas Lapas Probolinggo yang berminat mendonorkan darahnya menjalani screening oleh petugas kesehatan dari PMI Kota Probolinggo untuk memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan baik, seperti massa tubuh lebih dari 50 kg serta tidak memiliki penyakit diabetes, darah tinggi, dan penyakit bawaan lainnya.

“Apa yang saya pikirkan sebelumnya tentang donor darah yang menakutkan, berubah menjadi kebahagiaan. Meskipun awalnya sakit saat ditusuk jarum, berubah saat darah terkumpul di dalam satu kantong penuh,” ucap Yunus, salah satu petugas Lapas Probolinggo.

Risman berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kepedulian petugas Lapas Probolinggo terhadap sesama dan darah yang disumbangkan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selain memberikan manfaat kepada penerima, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor.

#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@kemenpanrb
@rbkunwas


Foto Lainnya :









 

Post a Comment for "Jelang Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Lapas Probolinggo Gelar Donor Darah"