Deteksi Dini TB-HIV, Warga Binaan Lapas Probolinggo Dapat Penyuluhan

PROBOLINGGO - Selasa (15/3), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo bekerja sama dengan Lapkesda Kota Probolinggo, Puskesmas Jati, Tim Penanggulangan HIV Kota Probolinggo, Dinkes PPKB Seksi Farmalkes, Dinkes PPKB Seksi P2PM, serta P2P Kota Probolinggo dalam kegiatan Penyuluhan TB dan HIV kepada warga binaan.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Dr. Sahardjo Lapas Probolinggo ini dibuka oleh Risman Somantri selaku Kepala Lapas Kelas IIB Probolinggo. Penyuluhan ini dimulai pukul 08.00 WIB. Sasaran kegiatan ini adalah warga binaan Lapas Probolinggo yang diwakili oleh kepala kamar masing-masing kamar hunian.

Dokter Lusi, selaku Kasi P2P Kota Probolinggo sekaligus pemateri, menjelaskan kepada warga binaan tentang TB-HIV. Adapun materi yang dijelaskan antara lain pengertian, gejala, penyebab, cara penularan, serta bentuk pencegahan TB-HIV. Lusi juga menjelaskan bahwa Lapas merupakan salah satu lingkungan yang rentan akan penyakit menular terlebih Lapas tersebut over kapasitas.

"Lapas merupakan salah satu lingkungan yang rentan penyakit menular. Penyakit atau bakteri biasanya suka dan mudah ditemukan di lingkungan yang sempit dan pengap atau kurang ventilasi udara. Kemungkinan besar kamar kalian kondisinya seperti itu karena Lapas ini merupakan salah satu Lapas yang over kapasitas. Untuk itu, saya himbau kepada kalian untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga pola makan dan tidur, serta rutin melakukan pemeriksaan kepada bagian perawatan yang ada di Lapas ini," ujar Dokter Lusi kepada warga binaan.

#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@kumhamjatim
@ditjenpas
@kemenpanrb
@rbkunwas


Foto Lainnya :









 

Post a Comment for "Deteksi Dini TB-HIV, Warga Binaan Lapas Probolinggo Dapat Penyuluhan"