Lapas Probolinggo Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PROBOLINGGO - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo mengikuti kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada pukul 08.00 WIB, Jum’at (01/10/2021).

Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Kegiatan ini berjalan dengan Khidmat dengan dibacakannya Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD) Bapak La Nyata Mattalitti, dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI (MPR) Bapak Bambang Susetyo, serta Pembacaan dan Penandatanganan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Puan Maharani.

Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo, Risman Somantri, selepas upacara Hari Kesaktian Pancasila menyampaikan “Selain menghargai jasa para pahlawan, peringatan ini juga perlu dilakukan agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari Kesaktian Pancasila kita maknai sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Tidak bisa dimungkiri bahwa Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara,” tuturnya.

“Meskipun upacara dilaksanakan secara virtual, namum tidak mengurangi khidmat jalannya upacara tersebut. Semoga dengan melaksanakan upacara hari Kesaktian pancasila Hari ini seluruh pegawai dapat kembali membangun serta menumbuhkan rasa semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air kepada bangsa dan negara,” tutupnya.

#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@kemenkumhamjatim
@ditjenpas
@kemenpanrb
@rbkunwas


Foto Lainnya :





 

Post a Comment for "Lapas Probolinggo Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual"